Wednesday, January 11, 2012

Kadin NTT "Jual" Program Pemerintah

Kupang, PK -- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi NTT sebagai mitra pemerintah akan siap "menjual" program-program pemerintah ke investor dalam maupun luar negeri.

Ketua Kadin NTT, Ir. Abraham Paul Liyanto mengatakan hal ini kepada Pos Kupang di Stikes CHMK, Jumat (6/1/2012).

Paul mengatakan, pemerintah sudah mengetahui fungsi kemitraan dengan Kadin sebagai pelaku atau subyek untuk sama-sama merencanakan masuknya investor ke daerah ini.

Menurutnya, saat ini Kadin Provinsi NTT sudah masuk ke dalam tim Master Plan Percepatan Pengembangan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Ini bukti, program pemerintah pusat untuk memperhatikan daerah tertinggal di Indonesia Timur termasuk NTT.

Kadin, katanya, memberikan masukan ke MP3EI, termasuk mengapa pembangunan ekonomi di daerah ini terkesan lamban. Apalagi, Provinsi NTT adalah provinsi kepulauan yang sangat membutuhkan infrastruktur pendukung seperti pelabuhan, bandara, kapal-kapal, ferry yang layak serta pesawat.

Semua infrastruktur ini, katanya, merupakan salah satu daya tarik masuknya investor ke daerah ini. Pemerintah provinsi juga harus menyiapkan program yang baik sehingga Kadin bisa menjualnya ke para investor dalam maupun luar negeri.

Menurutnya, sebagai daerah kepulauan, NTT membutuhkan anggaran untuk infrastruktur yang lebih besar dibandingkan dengan daerah lain seperti Jawa dan Sumatera. "Kebutuhan provinsi ini berbeda dengan Jawa dan Sumatera. Jika NTT dengan infrastruktur lebih baik akan menarik minat investor masuk ke sini," katanya.

(Pos Kupang, Selasa 10 Januari 2011)

No comments:

Post a Comment